Kesadaran Masyarakat Berkoperasi

Kospin Cirebon, Koperasi Simpan Pinjam Cirebon, Koperasi Cirebon

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menyebut, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berkoperasi masih sangat rendah.

Hal itu diungkapkan Teten, saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka Peringatan ke-75 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), di Kampus IKOPIN University, Kabupaten Sumedang.

Menurut Teten, dengan rendahnya tingkat kesadaran berkoperasi masyarakat Indonesia, maka diperlukan upaya untuk menjadikan koperasi sebagai pilihan utama masyarakat dalam mengembangkan perekonomian.

Agar hal itu terwujud, koperasi perlu membenahi dan memperkuat ekosistem kelembagaannya. Sehingga, koperasi mampu mengembangkan potensinya. Selain itu, koperasi juga harus memperbaiki akuntabilitas dan tata kelola.

"Memang kalau dilihat dari rata-rata orang Indonesia berkoperasi ini baru 8 persen, di dunia 16 persen. Ini perlu kita terus upayakan, bagaimana koperasi menjadi pilihan rasional masyarakat ketika mereka ingin berusaha," papar Teten, Rabu (13/7/2022).

"Yang harus dibenahi itu adalah ekosistem kelembagaan koperasi harus diperkuat supaya koperasi bisa terus mengembangkan modal bisnisnya, akuntabilitasnya juga membaik, termasuk tata kelolanya," jelas Teten.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Yerry Yanuar menyatakan, Pemprov Jabar melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) terus mendorong penguatan kelembagaan koperasi.

"Di Jabar sendiri pada dasarnya koperasi dari dulu jadi sokoguru ekonomi, maka dalam memperkuat kelembagaan koperasi ini, Dinas KUK melakukan upaya-upaya terhadap penguatan kelembagaan tersebut," jelasnya.

Yerry menilai, pengembangan koperasi tidak hanya dapat mengandalkan pemerintah dan pengusaha, tetapi juga membutuhkan peran serta masyarakat, terutama para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

"Kolaborasi masyarakat sendiri dapat membangun koperasi karena tampaknya secara tantangan ke depan tidak bisa (dihadapi) secara individu, tapi bisa dijawab melalui kolaborasi dalam bentuk koperasi,” tukasnya.

(Artikel dari https://daerah.sindonews.com/read/825937/701/teten-masduki-sebut-kesadaran-masyarakat-berkoperasi-sangat-rendah-1657739237)

Kesadaran Masyarakat Berkoperasi - Global Artha Jasa
Previous Post Next Post