Terobosan Bagi UMKM Lokal

Kospin Cirebon, Koperasi Simpan Pinjam Cirebon, Koperasi Cirebon

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kepala daerah inovatif yang terus menciptakan terobosan kebijakan terkait pemberdayaan koperasi dan UMKM di tengah situasi pandemi COVID-19 dan persaingan global.

"Dalam situasi seperti saat ini, pemimpin daerah dituntut memberikan inovasi yang dapat berdampak terhadap masyarakat dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah masing-masing," kata Teten dalam Malam Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2021 di iNews Tower Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Dia melihat praktik di banyak negara lain dalam situasi pandemi ini, di mana yang harus dilakukan pemerintah daerah (pemda) adalah seperti mengoptimalkan bantuan pemerintah, mendorong penyediaan situs usaha terintegrasi, dan memberikan kesempatan bagi UMKM untuk bermitra dengan pemda.

Undang-undang Cipta Kerja, sambung dia, telah mengamanatkan bahwa pemerintah pusat bersama-sama dengan pemda memberikan kemudahan dan perlindungan bagi pelaku UMKM dan koperasi. "Beberapa program pemberdayaan UMKM dan koperasi yang membutuhkan peran aktif pemda sudah diamanatkan dan diatur dalam PP Nomor 7 Tahun 2021, yaitu basis data tunggal, korporatisasi petani dan nelayan dalam bentuk koperasi, alokasi 40% belanja kementerian atau lembaga untuk UMKM dengan 447 triliun nilainya untuk tahun ini, dan sejauh ini sudah terserap 124,31 triliun," kata Teten.

Hal ini juga termasuk penyediaan sedikitnya 30% tempat usaha bagi UMKM di infrastruktur publik, pengelolaan terpadu, dan kemitraan usaha UMKM dengan usaha besar dan menengah. "Beberapa contoh kebijakan daerah inovatif terkait pemberdayaan koperasi dan UMKM dalam negeri di antaranya inovasi bidang promosi, laman khusus UMKM di platform marketplace nasional dan virtual expo, perluasan pasar ekspor dan komoditas, dengan komoditi potensial ekspor di sektor riil, pertanian, perikanan, dan perkebunan," katanya.

Tak lupa yang diperlukan adalah inovasi dan terobosan dalam transformasi digital, pemerintah terutama pemda akan terus mendorong percepatan digitalisasi UMKM. "Karena selama pandemi yang bisa bertahan, bahkan tumbuh adalah UMKM yang terhubung ke ekosistem digital," kata Teten.

Sebagaimana diketahui, MNC Portal Indonesia (MPI) menggelar Malam Puncak Penganugerahan Kepala Daerah Inovatif 2021 sebagai apresiasi atas berbagai inovasi para kepala daerah yang mampu membangkitkan perekonomian masyarakatnya, memajukan pendidikan, kesehatan, dan meningkatkan layanan publik. Kebijakan pembangunan yang mereka lakukan dinilai telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap masyarakat. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Kepala Daerah Inovatif 2021 ini merupakan ajang ke-8 sejak 2014 dan telah menganugerahi sekitar 120 pemimpin daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota.

(Artikel dari https://nasional.sindonews.com/read/590908/15/beri-terobosan-bagi-umkm-lokal-menkop-teten-apresiasi-kepala-daerah-inovatif-1636117887)

Terobosan Bagi UMKM Lokal - Global Artha Jasa
Previous Post Next Post