Stigma Masa Lalu Koperasi

Kospin Cirebon, Koperasi Simpan Pinjam Cirebon, Koperasi Cirebon

Masa lalu koperasi yang dianggap buruk memang menjadi tantangan pemerintah mengajak para pelaku usaha kecil untuk bergabung ke dalam wadah usaha itu. Pasalnya, banyak dari mereka yang masih enggan untuk masuk menjadi anggota koperasi.

"Koperasi kurang bagus namanya memang. Ketika saya kunjungan ke Bogor, saya mau konsolidasi petani bunga hias berbasis ekspor. Saya suruh mereka masuk koperasi. Semuanya tidak mau karena mereka punya stigma negatif. Saya bilang yang jelek itu masa lalu, kita bangun koperasi modern," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam acara Pengembangan Koperasi dan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Klungkung, Selasa (8/6/2021).

Guna mengubah stigma negatif itu, Menteri Teten kemudian membeberkan pentingnya koperasi bagi para pelaku usaha kecil. Menurutnya, koperasi modern, bisa menjadi alternatif pembiayaan bagi usaha mikro. Selain itu, dia menambahkan bahwa saat ini pembangunan UMKM dan koperasi harus jadi strategi baru untuk memperbaiki perekonomian nasional.

Teten pun mendorong agar para pelaku usaha untuk bergabung dengan koperasi. "Saat ini, petani itu usahanya perorangan, begitu pula dengan nelayan. Dengan (kondisi) seperti ini sulit berhadapan dengan market yang butuh supplier yang stabil. Ini kita bisa konsolidasi mereka dalam koperasi dan masuk dalam skala ekonomi agar terhubung dengan buyer dan market," ujar Teten.

(Artikel dari https://ekbis.sindonews.com/read/449922/34/menteri-teten-ungkap-stigma-masa-lalu-koperasi-bikin-pelaku-usaha-ogah-gabung-1623157594)

Stigma Masa Lalu Koperasi - Global Artha Jasa
Previous Post Next Post