Ekonomi Kreatif Penggerak Ekonomi Nasional

Kospin Cirebon, Koperasi Simpan Pinjam Cirebon, Koperasi Cirebon

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekraf Fiki Satari mengatakan, ekonomi kreatif merupakan sektor ekonomi unggulan.

Menurutnya, ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif penggerak bagi usaha lainnya termasuk UMKM. “Dalam ekonomi kreatif kita mengenal ada 17 sub sektor industri kreatif dan empat basis pengembangan ekonomi kreatif, inovasi, seni budaya, teknologi, dan media. 17 sub sektor yang mengemuka masih di sektor kuliner, yakni 41%,” ujar Fiki dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN dengan tema Tumbuhkan Optimisme Lewat Ekonomi Kreatif, Jumat (19/11/2021).

Pada 2020, sektor ekonomi kreatif menyumbang PDB 1.100 triliun dan menyerap 17 juta tenaga kerja. Namun yang masih menjadi isu adalah digital gap, di mana pelaku ekonomi kreatif masih rendah yang beroperasi secara digital, sekitar 20,45%.

“Kunci dalam kondisi yang penuh tantangan ini adalah inovasi, mendorong produk dengan kreativitas, model bisnis yang tepat, adaptif, dan bertransformasi terkait digitalisasi dan teknologi,” katanya.

Menyinggung pemulihan ekonomi nasional, menurut Fiki, kuncinya adalah kolaborasi. Program bukan hanya dari Kementerian Koperasi dan UKM, tapi lintas kementerian, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dia mencontohkan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang bisa menstimulasi dan memobilisasi keberpihakan konsumen Indonesia yang jumlahnya amat besar.

Dengan begitu bisa mengoptimalkan pasar lokal. Data mencatat ada 3,1 juta transaksi per hari dan ada kenaikan 35% pengiriman barang. “Ini sangat signifikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, sebagai bagian ekonomi kreatif, CEO Chatbiz Terry Djony mengatakan, saat pandemi pihaknya melakukan pelatihan. Karena banyak usaha terutama mikro yang biasa berjualan offline tapi karena pandemi harus jualan online.

Untuk itu pelatihan dilakukan menggunakan sosial media di antaranya membuat foto produk dengan baik. “Siapa saja bisa bergabung dengan Chatbiz. Saat ini yang sudah bergabung ratusan seller atau penjual, transaksi yang terjadi bernilai miliaran rupiah per bulan. Adapun pembeli sudah puluhan ribu,” katanya.

Bendahara Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Herry Kurniawan menilai, sebagai praktisi komunikasi, banyak tantangan yang dihadapi selama pandemi. Selain makin beredarnya hoaks di tengah masyarakat, narasi pesimisme yang sering dimunculkan. “Hal ini jadi tugas kami, praktisi komunikasi bagaimana membantu pemerintah, memberi kontribusi terbaik untuk bisa mengatasi masalah sosial ini,” ujarnya.

(Artikel dari https://ekbis.sindonews.com/read/604197/34/ekonomi-kreatif-penggerak-ekonomi-nasional-1637313112)

Ekonomi Kreatif Penggerak Ekonomi Nasional - Global Artha Jasa
Previous Post Next Post