Menaruh Harap pada Koperasi

Kospin Cirebon, Koperasi Simpan Pinjam Cirebon, Koperasi Cirebon

Koperasi di Indonesia adalah salah satu kekuatan ekonomi bangsa. Koperasi diharapkan dapat melakukan transformasi menjadi badan usaha yang semakin tangguh, mandiri, dan memberikan kesejahteraan bagi anggota dan masyarakat.

Hal itu merupakan harapan para Menteri Kabinet Indonesia Maju pada peringatan Hari Koperasi ke-74 pada 12 Juli 2021. Para menteri Kabinet Indonesia Maju turut memberikan untaian ucapan selamat kepada seluruh pelaku koperasi di Indonesia.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan koperasi telah memiliki sejarah panjang dalam memperjuangkan masyarakat serta memiliki kontribusi yang besar guna menjaga ketahanan perekonomian nasional dalam dinamika ekonomi global.

“Semoga koperasi dapat meningkat secara nasional agar menjadi badan usaha yang tangguh, kuat dan profesional dalam berbagai sektor,” kata Airlangga, beberapa hari yang lalu.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap koperasi Indonesia dapat diwujudkan menjadi kekuatan bisnis modern, berdaya saing, dan berandil besar dalam perekonomian nasional.

Kepercayaan yang tinggi pada koperasi menjadi sebuah kekuatan ekonomi, disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. “Saya kira era ini adalah era koperasi bangkit, era koperasi yang makin professional, era koperasi yang mampu berkontribusi dengan hadirnya kemandirian perekonomian bangsa karena pandemi yang menantang kita harus melompat dan menerobos lebih tinggi ke depan,” kata Syahrul.

Senada dengan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang mengatakan koperasi agar dapat terus ber transformasi menjadi badan usaha yang lebih kuat, tangguh, dan professional sehingga bermanfaat bagi anggota dan masyarakat di lingkungannya.

“Koperasi di sektor kelautan dan perikanan diharapkan dapat berkontribusi dan berperan aktif dalam mensejahterakan anggotanya,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Tantangan perekonomian saat ini begitu besar. Menurut Suharso Monoarfa, Menteri PPN dan Bappenas RI, tantangan ini harus menjadi momentum bagi koperasi mengubah cara kerja agar lebih efisien serta menghadirkan visi baru.

Pengakuan bahwa koperasi merupakan badan usaha yang sangat penting dan merupakan landasan ideal Pancasila dengan nilai gotong royong nya disampaikan Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. “Dalam landasan operasional sangat jelas kebijakan pemerintah Presiden Jokowi untuk memajukan koperasi dan UKM,” kata Siti.

Para menteri berharap koperasi di Indonesia semakin maju, semakin mandiri, kuat, unggul, dan profesional dan menjadi usaha yang besar. “Untung bareng koperasi,” kata para menteri.

(Artikel dari https://ekbis.sindonews.com/read/482754/34/menteri-jokowi-ramai-ramai-menaruh-harap-pada-koperasi-1626246432)

Menaruh Harap pada Koperasi - Global Artha Jasa
Previous Post Next Post